Fahami Mesin Melalui Oli

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin mobil anda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan warna oli. Dari warna-warna inilah anda bakal mengetahui apa yang terjadi dalam mesin kendaraan lesayangan anda.

1. Coklat Agak Kekuningan
Ini terjadi pada kendaraan usai menempuh perjalanan. Jarak yang kurang lebih berkisar antara 1000-2000 km, membuat warna oli akan menjadi coklat kekuningan.

2. Hitam
Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah jika kendaraan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh dari jumlah di atas. Akan tetapi jika itu tidak anda lakukan, tapi warna oli anda tetap hitam, bisa jadi itu karena kerusakan mesin yang terjadi pada mobil anda.

3. Putih Pekat Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air. Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik.

Baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah kocek yang harus anda keluarkan.

7 Responses

  1. aku punya corona 1978, mau tanya berapa km/liternya konsumsi bbm

  2. Mau bertanya kira2 ada yg tau cari part copotan utk corona TT’81…thanks

  3. Mau tanya … gimana merubah sistem pengapian yang menggunakan platina ke CDI, mobil saya Corona GL tahun 1984

  4. saya berdomisili di pekanbaru. saya kesulitan mencari aksesoris/spare part corona 2000 th 91.

  5. corona saya tahun 91 efi kalau buat tarikan suaranya doang gan tenaga ga ada ,..apa bisa dari kanvas kopling yak,..trus dimana sekitar bekasi aja…thk gan.

  6. Misi mau nanya nih corona ane tahun 78 setiap matiin mobil kok geter2 di mesin yah , itu masalah nya apa ya , mohon bantuan nya om2 skalian , makasih hehehe

  7. Maaf agan….mau minta saran nih gan.. aku punya corabs 89 Exsaloon 2000, tidak bisa d gas, kalau d gas mati, kalau d start lagi hidup. mohon pencerahannya gan…thank’s..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: